Sabtu, 01 Oktober 2016

Hobby jadi Bisnis ? Why not ?

Sebelum aku menikah, aku tuh paling sering banget ngumpulin aneka resep masakan dan kue.
bisa itu dari koran, majalah, buku buku termasuk dari internet :)
kalau yang berupa kertas , sudah di pastikan akan berbaris rapih di dalam binder file
entah berapa tahun kebiasaan itu berjalan, hingga aku menikah .
sempat ada kerabat yg nyeletuk " iih..ngapain coba , ngumpulin resep ajah, di praktekin aja jg gak !"
hadeuuh..usil banget siy koment nyindir gitu, setengah menggerutu ,aku cuekin ajah tuh orang .
Tapii..dalem hati aku mikir juga
iya yaa... kok kesannya kurang manfaat gitu ?
akhirnya  pelan pelan aku coba satu persatu resep yg sekiranya simpel dan menarik
hasilnya lumayan lah, namanya juga pemula hehehe..*menghibur diri
harapan aku , setidaknya aku bisa punya kue kue hasil karya sendiri untuk keluarga kecilku atau minimal untuk buah tangan saat berkunjung ke rumah kerabat.

Suatu hari aku iseng gabung si sebuah milist khusus baking
kalo gak salah , sekitar tahun 2006an gitu deh..tau kan saat itu milist lg trend banget :D
singkat cerita , aku ikutan Kopdar dengan salah satu founder milistnya
Nama milistnya Dapurbunda Bekasi , special guru tercinta ku mba Ria icip2didapur
Di situ aku benar benar belajar dari nol , baking , decor, aneka bahan kue dan semua pernak perniknya
salah satu cake pertama yang cukup nge hits adalah Chifon ketan hitam
Asli ..aku ga nyangka banyak juga teman kerja aku yg suka , dan akhirnya jadi customer pembuka untukku
dari hari ke hari makin banyak resep yg ku coba, makin beragam teknik decor dan hiasan yang aku pelajari

Alhamdulillah, semakin memantapkan hati untuk menjadi bakul kue sungguhan.
Aku menikmati betul prosesnya ,
Setiap tantangan decor yang berhasil aku taklukan , seperti menjadi sebuah hiburan tersendiri
Setiap dapet testimony bagus dari customer , wuiiih..senengnya, Hilang deh tuh cape,
belum lagi kalo terima uang pembayaran , makin tersenyum lebar lah aku :D

tapi jangan salah, jadi bakul kue juga banyak resiko dan kendalanya
dari mulai pengiriman kue yang sering bikin dag dig dug der , maklum lah ..biarpun pake kuri kue , tetep aja, bawa kue decor itu riskan, pernah sesekali ada yang rusak, otomatis customer complain, dan aku harus ganti rugi
belum lagi harus begadang extra malam , untuk baking dan decor,  coz aku masih double profesi , jadi bakul kue plus karyawan  perusahaan lain :(
hunting bahan dan alat decorasi kue juga membuat aku cukup repot saat itu, karena cuma bisa di lakukan saat weekend.

Aaah,,tapi semua resiko dan kendala itu sepertinya sudah menjadi salah satu kenikmatan juga,
karena dengan begitu , aku semakin tertempa , menjadi wirausaha yang tangguh .
biasa donk, setiap profesi pasti ada resiko dan tantangannya, di nikmati dan di syukuri ajah.

Dan Alhamdulillah di awal tahun 2013  akhirnya aku memutuskan untuk resign dari tempat ku bekerja, dan meyakinkan diri untuk jadi Bakul Kue dengan brand Biyancakes.

Aku bersyukur banget, bisa kerja di rumah, atur waktu sendiri ,dan yang lebih menyenangkan lagi aku bisa full ngurus Si cantik Mutiara, putri kecilku yang saat itu masih berumur 2 tahun.

Pasang surut usaha kue aku nikmati betul iramanya, bagiku ini sudah menjadi pilihan hidup ,
yakin Allah Memberi Rizki yang berkah dan melimpah..Aamiin.

saat ini Alhamdulillah dah ratusan bahkan ribuan kreasi kue yang aku produksi.
berbekal pengalaman selama ini , aku terus memperluas market ku dunia online
semua medsos aku maksimalkan dari mulai facebook, twitter, instagram, path dan kawan kawannya.
aku buat website sendiri  dengan nama brand yang sama : www,biyancake.com
aku gunakan jasa designer untuk utak atik web aku, pokoknya aku maksimalkan banget semua media yang ada.
Alhamdulilah saat ini  website aku dah sering tampil di halaman depan mbah google , sebagai Toko Kue bekasi 
sangat membantu banget, mengangkat omzet penjualan aku.
saat ini aku justru lebih mantap menjalankan toko kue online, dari pada offline
tapi teteup sih, berharap suatu saat bisa punya outlet toko kue offline lagi yang lebih baik dan laris tentunya

Waah panjang deh,,cerita dan harapan aku untuk usaha  kesayangan ku ini
dari panjang lebar ceritaku ini, aku cuma berharap , semoga bisa meninspirasi kamu kamu semua yang dah baca blog aku
jangan pernah ragu untuk menjadikan hobby menjadi sebuah usaha yang bermanfaat .
dan menghasilkan uang tentunya ..(baca: Wajib ) hehehe,
Temukan sisi positif dari hobbymu , bila ada peluang untuk usaha , Jalankan dan nikmati prosesnya.
bukan sesuatu yang mustahil , suatu hari kamu akan menjadi Pengusaha Hebat.
Semangat  guys

#10harimenulisblog
#letsBlogging
#workshopBlogging TDApermempua





Tidak ada komentar:

Posting Komentar