Minggu, 09 Oktober 2016

Plus minus gadget dalam dunia anak



Melihat perkembangan tekhnologi saat ini , rasanya kehidupan sehari hari kita gak bakal bisa lepas dari gadget , khususnya smartphone, tablet ,ipad dan sejenisnya
semua orang bisa dengan mudah mengakses segala hal yg mereka butuhkan hanya dalam genggaman tangan, mulai dari pendidikan, berita terkini, kesehatan , kuliner , hiburan dan lain  lain.
berbagai macam aplikasi pun bisa dengan mudah di download  via gadget, hanya bermodalkan email  saja. aplikasi gratisan bertebaran dengan bebas, mau yg berbayar pun bisa , kamu pasti dapet yg lebih canggih aplikasinya
Asli ..gampang banget ya  jaman sekarang
mau baca berita terupdate gak perlu berlama lama di depan tv, gak perlu stand by saat jam tayang, cukup dari gadget , tinggal pilih media online favorit, bebas baca berita apapun sambil di kendaraan, sambil nunggu anak sekolah , atau sambil nunggu mata terpejam dan tiba tiba hp nya jatuh di muka ...hahaha, *pengalaman pribadi
mau cari menu kuliner yg lagi trend , atau mau pilih tempat liburan favorit , mau pesan kendaraan untuk bepergian  juga bisa, tinggal klik aja jasa online yang kamu nyaman.

wuiih..luar biasa simple dan praktis
media chat pun sudah sangat beragam , dari mulai Line, Wechat, BBM , Whatsapp dan  kawan kawannya semakin mempermudah kamu untuk berinteraksi dengan teman, sahabat, keluarga, atau juga dengan customer, seperti rutinitas saya saat ini, hehehe ..maklum ya , bakul kue online memang jualannya via smartphone :)

begitu banyak manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan dengan menggunakan Gadget.
Tapi, sudah kah kita mengantisipasi dampak buruknya, untuk diri kita, bahkan untuk putra putri kesayangan kita,
kebayang gak sih, mereka yang di beri kebebasan pegang gadget , akan secara sengaja atau tidak , akan melihat kontent kontent yang belum pantas dan tidak semestinya, terlebih untuk anak masih belia, hhmm..rekaman otaknya kuat banget loh!! , sudah pasti akan berpengaruh negatif untuk perkembangannya, psikologinya, semangat belajarnya dan tentu pergaulannya.
Sebagai orang tua, bahkan untuk seorang ibu yang merupakan madrasah pertama dan paling dekat untuk anak anak, sudah semestinya lebih bijak untuk memberikan pengarahan dan pengawasan dalam penggunaan gadget untuk anak kita.

Jangan biarkan anak kita berjam jam asyik dengan gadgetnya, meskipun untuk bermain game yang notabene hiburan untuk anak, mungkin bisa di siasati dengan pengaturan jam/hari/berapa lama mereka boleh menggunakan gadget , berikan anak permainan yang lebih bersifat fisik/permainan /olah raga, tentu sangat bermanfaat untuk interaksi sosial dengan teman teman , juga untuk kesehatannya.
Ingat kesehatan anak juga sangat berharga untuk kita!,
satu yang sudah jelas, penggunaan gadget terlalu lama  , akan mengganggu kesehatan matanya , so..be smart guys

Selain itu cobalah arahkan anak untuk membuka aplikasi/game/ kontent yang akan menambah pengetahuan dan keterampilanya, mengembangkan bakatnya,
entah itu bidang seni , Ilmu pengetahuan, hobby favorit, bahkan bisa loh untuk belajar mengaji atau tahfidz Quran, dengan kata lain jadikan Gadget itu lebih bermanfaat untuk keluarga kita , bukan menjadi benda yang kan menjerumuskan kita kepada kemalasan dan kelalaian  dalam kehidupan sehari hari * Catet !!

Satu hal yang lebih penting lagi, Lindungi Gadget kita dengan sensor atau anti Virus  atau block semua kontent yang tidak pantas , karena bagaimanapun itu sangat berbahaya!!
sedang asyik buka aplikasi, tiba-tiba muncul iklan gak jelas & gak nyambung, gemezzzz:(
so ,..dari pada kecolongan, lebih baik di cegah dari awal ,

aku sendiri paling bawel di rumah setiap anak buka hp, sebentar bentar tengok, "kakak nonton apa?'
sampe bosan kali tuh bocah di tanyain emaknya hahaha ..

oke dah guys..segitu aja sedikit tulisan saya
semoga bermanfaat
mari belajar menjadikan gadget lebih bermanfaat dari sekedar sms, telp or main game :)



#10harimenulisblog
#letsBlogging
#workshopBlogging TDApermempua


Tidak ada komentar:

Posting Komentar